Access Control System dapat Meminimalisir Human Error


Access Control System Meminimalisir Human Error 

 

Access Control System adalah sebuah sistem yang dapat membatasi pengguna untuk mengakses suatu ruangan dengan menempatkan sistem perangkat kontrol pada pintu. Dalam Akses kontrol pintu, kontrol akses merujuk pada membatasi pintu masuk ke properti, bangunan, atau ruang untuk orang yang berwenang. Akses kontrol ini bisa saja dilakukan oleh personil seperti penjaga perbatasan, penjaga pintu, pemeriksa tiket, dll, atau dengan perangkat seperti sebuah kunci (Lock),

Namun Access Control berupa seorang penjaga atau kunci manual mempunyai banyak keterbatasan dan human error. Kontrol akses elektronik menggunakan sistem komputerisasi atau mirokontroler memecahkan keterbatasan tersebut. Access Control pada  pintu secara sederhana dipadukan dengan kunci (lock) saat ini telah dikembangkan seperti dipadu dengan sistem kartu (card) misalnya RF ID (Magnetic Card), Smart Card atau kartu lainnya atau yang lebih mutahir dan lebih tinggi tingkat keamanannya seperti sistem biometrik seperti sidik jari (fingerprint) dan scan iris mata. Sistem biometric yang sangat ideal digunakan untuk akses control ini adalah Xenio 200 yang menggunakan sidik jari (fingerprint) atau Xenio Iris yang menggunakan scan iris mata.

 

Akses kontrol sendiri ada beberapa jenis tergantung pada sebuah pintu yang digunakan. Contoh: Pintu stainless: Pintu jenis ini biasanya menggunakan Emlock atau yang di kenal dengan elektrik magnet.

Access Door Emlock
Access Door Emlock
Electro Magnetic Lock
EM Lock

Mengapa pintu ini harus mengunakan emlock karna dari segi kekuatan emlock ini sangat lah kuat karna dia menggunakan magnet sebagai alat kuncinya. Berbeda dengan pintu kaca, jika untuk pintu kaca biasanya menggunakan dropbolt bukan menggunakan emlock.

Kenapa pintu kaca tidak diperbolehkan memakai emlock? karena emlock sendiri sistemnya menggunakan magnet yang dimana saat pintu tertutup kembali dia akan menarik si braket, kalo seandainya di pasang kan di pintu kaca otomatis dia akan tertarik dan membanting si kaca dan bisa menyebabkan pecah pada kaca tersebut. Makanya pintu kaca tidak di anjur kan untuk memakai emlock  tetapi di anjurkan memakai dropbolt.

access-control-system-dropbolt
Access Door Dropbolt
DropBolt
DropBolt

 

Drop bolt ini sendiri mengunakan sistem piston dimana ketika pintu tertutup kembali si piston tertarik oleh sebuah magnet yang ada di braket pintu dan dia akan mengunci tanpa harus menarik sebuah pintu seperti emlock. nah tinggal anda lihat saja jenis pintu yang akan anda pasangkan sebuah akses kontrol pintu.

Ada beberapa material lainnya untuk akses door sendiri yaitu:

 

exit-button-access-control
Exit Button

Exit button:

Exit Button atau tombol exit untuk keluar ini sangat lah penting karena kalau tidak ada alat ini maka anda tidak bisa keluar.

 

power-supply-access-control
Power Supply

PowerSupply:
adalah sebagai alat atau perangkat keras yang mampu menyuplai tenaga atau tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listrik ke tegangan listrik yang lainnya.
Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah)

Alat ini hanya opsional saja kalo anda menginginkan alat Access Door tetap menyala disaat listrik sedang padam maka anda harus menggunakan ini tetapi kalau anda tidak menggunakan ini maka di saat listrik sedang padam ya perangkat Access Control pun ikut mati.

 

adapter-access-control
Adapter

Adapter: 
Adapter adalah perangkat elektronik yang dapat merubah tegangan listrik (AC) yang tinggi menjadi tegangan listrik (DC) yang rendah, tapi ada juga adaptor yang dapat merubah tegangan listrik yang rendah menjadi tegangan listrik yang tinggi. Nah alat ini adalah pengganti power supply kalo anda tidak menggunakan power supply

breakglass
Break Glass


Breakglass
:
Breakglass adalah alat pemutus arus listrik. Alat yang satu ini gunanya ketika keadaan genting atau sedang terjadi bencana alam, kebakaran. otomatis listrik padam tetapi si akses door ini tetap mengunci nah anda tinggal tekan kaca di breakglass ini untuk memutuskan arus listrik di aksesdoor. dengan catatan listrik tetap menyala kalau anda menggunakan PowerSupply atau Backup Batre kalo anda tidak menggunakan itu ya di saat listrik mati ya si perangkat aksesdoor pun akan ikut mati. Jadi alat ini hanya sebagai opsional saja.

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
Twitter
pinterest
linkedln
Instagram