Jenis Mesin Absensi


JENIS MESIN ABSENSI

 

Mesin absensi adalah alat yang digunakan untuk mengetahui dan melacak kehadiran karyawan. Kantor, perusahaan, dan institusi pendidikan adalah beberapa contoh organisasi yang menggunakan mesin absensi untuk mendapatkan data kehadiran karyawan secara akurat dan otomatis.

Mesin absensi memiliki peranan yang sangat penting bagi pemimpin atau pemilik instansi untuk mengotomatisasikan pencatatan kehadiran karyawan. Itulah mengapa, perangkat ini harus tersedia di kantor.

Seiring perkembangan jaman, mesin absensi kini terus berkembang dan yang terbaru adalah mesin absensi adalah fingerprint atau menggunakan scanner sidik jari. Tentu saja dengan teknologi baru seperti ini akan semakin cepat dan biasanya mesin tersebut sudah terhubung dengan database sehingga bisa diolah dengan mudah. Dan semakin majunya teknologi sekarang mesin absensi kini tampil dengan menggunakan sistem biometrik dimana karyawan harus mengautentifikasi kehadirannya menggunakan karakteristik tertentu yang ada pada fisik diri mereka sendiri, seperti: sidik jari, wajah, dan suara.

 

Mesin Absensi Kartu

Absensi ini menggunakan mesin almano/mesin absensi dengan sistem ceklok. Jadi pegawai yang ingin mengisi kartu jam hadir harus memasukkan kartu jam hadir ke mesin almano, dan secara otomatis kartu jam hadir akan mencetak jam hadir/pulang karyawan sesuai dengan jam kantor. Kelebihan dari Mesin absesnsi kartu ini adalah Mudah digunakan, selain itu Pegawai atau pekerja tidak bisa menulis waktu hadir atau pulang dengan sekendak hati, Bagian penggajian akan sedikit terbantu pada saat merekap jam hadir pekerja, karena lebih rapih dan mudah dilihat

 

Mesin Absensi Digital

Pendataan kehadiran karyawan dengan menggunakan metode digital tentunya lebih unggul dibandingkan dengan yang manual karena pendataan dilakukan secara digital, bukan dengan metode pencetakan kartu absen. Sistem yang digital inilah menjadi keunggulan mesin absensi karena hasil data absensi keseluruhan karyawan dapat dimasukkan, dilihat, dan diakses langsung secara digital menggunakan komputer.

Sebelum mulai menggunakan mesin absensi digital, data atau identitas karyawan diinput terlebih dahulu ke dalam sistem. Adapun identitas yang diinput yaitu nama pegawai, jabatan, Nomor Induk Pegawai (jika ada), dan PIN/password.

Setelah semua data karyawan telah masuk ke dalam sistem, penggunaan mesin absensi digital ini dapat dimulai. Setiap datang ke kantor, para pegawai harus memasukkan identitas yang diperlukan (bisa nama, NIP, atau PIN) sebelum mulai bekerja agar kehadiran mereka masuk ke dalam sistem.

 

Mesin Absensi Magnetic Card (Digital)

Mesin ini lebih canggih lagi. Karena mesin ini menggunakan Magnetik ID Card (kartu identitas) untuk mendata absensi atau daftar hadir. Mesin ini mulai dipergunakan sejak tahun 1980. Mesin ini sama dengan mesin digital yang menggunakan metode digital (data diproses secara digital) tapi bedanya terletak pada media penyimpanan yang digunakan. Mesin ini adalah perpaduan dan perkembangan dari Mesin Absensi Kartu dan Mesin Absensi Digital yaitu menggunakan kartu. Namun, pendataannya menggunakan metode digital.

 

Mesin Absensi Sidik Jari ( Finger Print )

Mesin absensi fingerprint/sidik jari adalah salah satu mesin absensi jenis biometrik yang menggunakan metode pendeteksian melalui sidik jari karyawan untuk mendata daftar kehadiran karyawan. Sama halnya seperti mesin absensi digital dan ID card, mesin absensi fingerprint juga memerlukan pendataan terlebih dahulu sebelum mulai digunakan. Perbedaannya terletak pada data atau media yang dimasukkan ke sistem. Mesin absensi fingerprint akan mendata dan mendaftarkan sidik jari masing-masing karyawan beserta identitas lainnya seperti nama dan nomor pegawai ke dalam sistem.

Setelah proses pendataan selesai, perusahaan atau kantor dapat menggunakannya untuk mengabsen karyawan yang mana para karyawan tersebut wajib menempelkan sidik jari di tempat yang telah tersedia. Kemudian software yang telah terintegrasi akan memproses data yang masuk lebih lanjut. Mesin absensi fingerprint dengan teknologi scan yang sangat baik bahkan dalam berbagai kondisi seperti basah, kotor, tersayat adalah Xenio 200, Xenio 500, Xenio 700 dan dilengkapi dengan software khusus dari EasyClocking.

 

Mesin Absensi Iris Mata

Mesin absensi iris mata adalah salah satu mesin absensi jenis biometrik yang menggunakan metode pendeteksian melalui iris mata untuk mendata daftar kehadiran karyawan. Sama halnya seperti sidik jari, retina mata setiap orang unik, bahkan bagi kembar identik sekalipun. Hal ini akan meningkatkan keamanan dan menurunkan tingkat kecurangan karena iris mata tidak bisa dimanipulasi. Absensi menggunakan biometrik  iris mata juga lebih higienis, karena setiap karyawan tidak perlu menyentuh mesin absensi. Mesin absensi iris juga memerlukan pendataan terlebih dahulu sebelum mulai digunakan. Adapun mesin absensi dengan teknologi biometrik iris mata terbaik adalah Xenio Iris i1000.

 

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
Twitter
pinterest
linkedln
Instagram