Pengertian KVM Switch


Apa itu KVM Switch?

Pengalih KVM (singkatan dari Keyboard, Video, Mouse switch) adalah sebuah alat elektronik yang mengizinkan satu buah papan ketiktetikus (atau perangkat penunjuk lainnya), dan video untuk mengontrol sejumlah komputer secara sekaligus. KVM switch umumnya menggunakan tombol yang dapat ditekan untuk memilih komputer mana yang hendak dikontrol. Beberapa KVM switch bahkan dapat mengganti komputer yang dikontrolnya dengan menggunakan menu yang ditampilkan di dalam layar monitor. Menu yang ditampilkan tersebut mungkin juga menawarkan proteksi, dengan ditambahkannya passwordatau mekanisme autentikasi lainnya.

Saat membeli sebuah KVM, kita harus menentukan beberapa jumlah PC yang akan kita kendalikan (saat ini dan saat yang akan datang). KVM dengan jumlah port kecil biasanya lebih mudah digunakan karena tidak memerlukan instalasi software tambahan. Kita dapat mengendalikan melalui hotkey atau tombol switch. Dan biasanya KVM ini tidak memerlukan satu daya tambahan, guna menghemat tempat. KVM Switch tingkat tinggi dapat di pasang pada sebuah server-rak hanya dengan tinggi 1U atau 2U. KVM ini juga dapat menggunakan IP jaringan untuk mengatur setiap titik serta menyalakan atau mematikan PC yang terhubung. Fungsi utama dari sebuah KVM Switch adalah menggunakan satu set keyboard, Monitor dan mouse untuk mengendalikan banyak PC. KVM Switch harus memastikan sinyal keyboard dan mouse yang disimulasikan terhubung ke PC, dan selama perpindahan tidak mempengaruhi kerja dari CPU. Sebuah KVM Switch juga harus menghasilkan resolusi video yang stabil, mendukung berbagai platform dan sistem operasi komputer, serta mendukung berbagai merk keyboar dan mouse. Setiap KVM Switch hanya dapat terhubung dengan sejumlah PC tertentu, yaitu sejumlah port yang tersedia. Satu KVM Switch paling sedikit memiliki 2 port, sedangkan pemasangan beberapa KVM Switch bisa memiliki lebih dari 4000 port

KVM biasanya digunakan di ruangan server dan pusat data informasi yang memiliki banyak server. Sebuah ruangan server rata-rata berisi 16 sampai 32 server, sedangkan ruangan server besar dapat berisi lebih dari 100 server. Karena harga pc smakin terjangkau, pengguna pribadi dapat meiliki banyak pc. Oleh karena itu, pengguna juga dapat membeli KVM switch untuk kebutuhan kenyamanan dan penhematan tempat di rumah.

Beberapa istilah untuk spesifikasi KVM Switch antara lain :

  1. Port

Jumlah port menunjukkan jumlah pc yang dapat terhubung ke KVM. Sebagai contoh, sebuah KVM switch 8 port, dengan sebuah keyboard, monitor dan mouse dapat mengedalikan sampai 8 PC. Jumlah port yang pada umumnya digunakan KVM Switch yaitu 2, 4, 8, 16 atau 32. Jika jumlah PC lebih dari 32, maka digunakan metode bertumpuk atau metode daischain untuk menghubungkan PC-PC tersebut. Agar lebih nyaman untuk mengendalikan dan manjalankan banyak PC. KVM memiliki berbagai fungsi untuk membantu pengaturan seperti hotkey, On Screen Display (OSD), dan Broadcasting. Beberapa perusahaan KVM yang inovatif mengembangkan chip inti khusus untuk meningkatkan stabilitas dan efisiensi eksekusi sinyal.

  1. Console

Console merupakan pusat input/output dari sebuah komputer, termasuk monitor, keyboard dan mouse (jika diperlukan). Didalam istilah KVM, console merupakan kendali yang di gunakan untuk mengatur keyboard, monitor dan mouse. Biasanya sebuah console memiliki tiga port  berbeda untuk masing-masing keyboard, mouse dan monitor. Jenis konektor keyboard dan mouse dan USB dan PS/2, sedangkan jenis konektor untuk monitor ada DVI dan HDB 15 (VGA).

Catatan : Beberapa Console KVM yang mendukung audio juga meiliki port microphone dan speaker. KVM yang di rancang khusus untuk komputer SUN dan MAC computer meiliki jenis port yang berbeda

  1. CPU/KVM

Istilah ini berkaitan dengan PC yang terhubung. Port untuk sebuah CPU pada KVM memiliki tiga sinyal (keyboard, mouse dan monitor) untuk terhubung dengan port pada PC. Untuk menghemat bahan dan meningkatkan kenyamanan pemasangan, beberapa perusahaan memproduksi kabel khusus tersendiri dengan mengabungkan ketiga jenis kabel menjadi satu. Dengan mengunakan ini kabel akan tertata rapih. Sinyal-sinyal di dalam kabel dapat terpengaruh oleh gangguan dari luar manapun dalam. Oleh karena itu, pilihan merk KVM profesional untuk mengurangi resiko tersebut.

Catatan : KVM yang mendukung audio juga memiliki port untuk microphone dan speaker pada CPU/KVM berdasarkan pemakaian KVM switch dapat dibagi menjadi kategori berikut :

  • Smal Office and Home Office (SOHO) : perusahaan kecil
  • Small and Medium-sized Bussines (SMB) : perusahaan menengah
  • Large or high-end global enterprise-level KVM : perusahaan besar atau global

Banyak perusahaan kVM membagi KVM tingkat tinggi menjadi KVM jarak jauh dan KVM jarak dekat. Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis KVM.

Seorang pengguna dapat menggunakan perangkat KVM dengan cara menghubungkan monitor, keyboard dan mouse kepada perangkat tersebut lalu menggunakan kabel khusus (umumnya kabel USB dan kabel VGA) untuk menghubungkan perangkat KVM dengan komputer. Pengontrolan sebuah komputer dengan komputer lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan sakelar atau tombol yang terdapat di dalam perangkat KVM tersebut, KVM selanjutnya meneruskan sinyal antara komputer dan keyboardmouse dan monitor, tergantung komputer mana yang sedang dipilih. Beberapa KVM juga dapat mengizinkan pengontrolan dengan menggunakan perintah-perintah keyboard (seperti halnya penggunaan kunci tertentu).

KVM switch sangatlah berguna ketika terdapat banyak komputer, tetapi tidak memerlukan satu buah keyboard, mouse, dan monitor yang didedikasikan untuk setiap komputer tersebut. Umumnya, KVM switch digunakan di dalam banyak sentral data di mana banyak server ditaruh di dalam sebuah rak dengan satu buah keyboard, monitor, dan mouse. Penggunaan KVM switch mengizinkan administrator atau personel sentral data tersebut dapat terhubung ke server manapun di dalam rak tersebut.

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
Twitter
pinterest
linkedln
Instagram